Jumat, 19 April 2013

entrepreneuer



Pernah 9 Kali Gagal, Wanita Ini Sekarang Raup Omzet Rp 10 Miliar
Dewi Rachmat Kusuma - detikfinance
Rabu, 20/03/2013 18:03 WIB


Jakarta - Jangan pernah menyerah untuk mencapai kesuksesan. Kejar terus untuk mendapatkannya walaupun telah berulang kali gagal.

Demikian diungkapkan Riezka Rahmatiana, Founder & Commisioner Justmine Pisang Ijo yang telah 9 kali gagal membangun berbagai macam bisnisnya. Melalui bisnis Justmine Pisang Ijo inilah, kini ia bisa meraup omzet hingga Rp 10 miliar setiap tahunnya.

"Awalnya saya sempat tertipu ratusan juta. Pisang ijo ini bisnis kesembilan dengan hanya modal Rp 150 ribu tapi berhasil," kata Riezka usai menjadi pembicara di acara Launching Ernst and Young Entrepreneurial Winning Woman 2013, di Graha Niaga, Jakarta, Rabu (20/3/13).

"Kenapa bisa besar karena punya impian besar. Prinsip saya berpikir yang besar dengan tindakan yang besar dan akan mendapat hasil yang besar. Apa yang dipikirkan saya dulu menjadi saya yang sekarang," katanya.

Bisnis kuliner khas Makassar miliknya ini, kini sudah merambah ke berbagai kota di Indonesia bahkan hingga Malaysia.

Dengan modal awal hanya Rp 150 ribu saja, wanita asal Lombok ini kini bisa menikmati manisnya perjuangan. Saat ini, dia sudah memiliki 250 gerai, diantaranya satu gerai di Malaysia yang dibuka Februari 2013 lalu.

Berawal dari hobi makan, ibu dua anak kelahiran 1986 ini punya mimpi untuk bisa menguasai dari hulu ke hilir penjualan makanan tradisional hingga dikenal ke mancanegara.

"Tadinya bahan bakunya dari distributor sekarang menanam sendiri. Pisang ijo itu khas Makassar tapi saya orang Lombok tinggal di Bandung. Awalnya suka makan. Jadi apapun yang dilihat apalagi kue tradisional beli dan penasaran gimana bikinnya," jelasnya.

Menurutnya, kemauan, keberanian, dan lingkungan sekitar ikut perperan besar terhadap kesuksesan seseorang. "Orang sukses terjadi akibat lingkungan yang sukses," cetusnya.
Ibu Rumah Tangga Ini Punya Omzet Rp 10 Miliar dari Kek Pisang
Dewi Rachmat Kusuma - detikfinance
Rabu, 20/03/2013 12:26 WIB

Jakarta - Sukses adalah milik semua orang. Di mana ada kemauan, di situ ada jalan. Setidaknya itulah yang dikatakan Selvi Nurlia, Owner & Vice Director Kek Pisang Villa Batam.

Seorang ibu rumah tangga di pinggiran kota Batam yang kini sukses meraih omzet di atas Rp 10 miliar per tahun dengan jualan makanan khas oleh-oleh Kek Pisang Villa Batam. Dengan modal awal hanya Rp 2 juta saja, kini Selvi sudah bisa memiliki 13 outlet oleh-oleh khas daerah setempat di seluruh Indonesia.

"Awal 2007 masih ibu rumah tangga di pinggiran kota Batam. Awalnya saya hanya ingin punya penghasilan lebih dan membantu suami saya. Akhirnya saya direkomendasikan temen saya untuk ikut ajang wirausahawan wanita. Awalnya ogah-ogahan. Sampai saya mengikuti ajang bergengsi seperti ini. Tapi saya yakin bisa menaklukan orang-orang di Jakarta dengan bekal yang saya punya dengan bisnis kuliner di kota Batam," terang dia saat acara peluncuran Ernst & Young Entrepreneurial Winning Woman Tahun 2013, di Graha Niaga, Jakarta, Rabu (20/3/13).

Saat ini, Selvi menyebutkan, sudah memiliki 13 outlet di seluruh Indonesia, 6 outlet diantaranya berlokasi di Batam. Desember 2012, Selvi juga baru membuka outlet baru di 3 lokasi seperti Balikpapan, Banjarmasin, dan Padang.

Selvi menargetkan bisa membangun 40 cabang di kota-kota lain yang punya potensial market di bidang oleh-oleh. April ini, dia akan kembali membuka 3 outlet di daerah Jawa. Biasanya, kata dia, satu outlet menghabiskan biaya sebesar Rp 1 miliar.

"Kita pengen seperti Alfamart dan Indomaret tapi khusus oleh-oleh. Setelah ikut E&Y saya dapat networking yang besar. Waktu di Batam tidak begitu banyak networking, di sini saya bisa dapat lebih," paparnya.

Menurutnya, dalam mengembangkan bisnis yang terpenting adalah membangun network. "Enam tahun saya merintis oleh-oleh khas Batam. Kita bisa mengembangkan bisnis ini dan bisa mengembangkan potensi bisnis yang lebih tinggi. Network adalah segalanya dan membuka peluang yang sangat besar bagi saya," kata Selvi.

1 komentar:

  1. good... kunjungi jg punyaku gan www.sedikitpengetahuan.cu.cc (y)

    BalasHapus